Jumat, 18 Juni 2010

TRICK CARA MENGGUNAKAN AutoCAD

TRICK CARA MENGGUNAKAN AutoCAD

Tutorial AutoCAD

AutoCAD adalah perangkat lunak computer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Aujtodesk. Keluarga produk AutoCAD secara keseluruhan, adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia.

AutoCAD digunakan oleh insinyur sipil,land developers, arsitek, insinyur mesin, desainer interior dan lain-lain.

Format data asli AutoCAD, DWG, dan yang lebih tidak populer, Format data yang bisa dipertukarkan (interchange file format) DXF, secara de facto menjadi standard data CAD. Akhir-akhir ini AutoCAD sudah mendukung DWF, sebuah format yang diterbitkan dan dipromosikan oleh Autodesk untuk mempublikasikan data CAD.

AutoCAD saat ini hanya berjalan disistem operasi Microsoft. Versi untuk Unix dan Macintosh sempat dikeluarkan tahun 1980-an dan 1990-an, tetapi kemudian tidak dilanjutkan. AutoCAD masih bisa berjalan di emulator seperti Virtual PC atau Wine.

AutoCAD dan AutoCAD LT tersedia dalam bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Spanyol, Jepang, Korea, Tionghoa Sederhana, Tionghoa Tradisional, Rusia, Ceko, Polandia, Hongaria, Brasil, Portugis, Denmark, Belanda, Swedia, Finlandia, Norwegia dan Vietnam.

AutoCAD 2009. Pengembang Autodesk Rilis pertama Desember 1982 Versi rilis terbaru 2011 / 25 Maret 2010 Sistem operasi Windows Jenis CAD Lisensi Proprietary Situs web autodesk.com/autocad.

Trick Cara Menggunakan AutoCAD

Mengubah Gambar Tipikal Secara Cepat menggunakan Fasiltas Block.

Dalam membuat gambar kerja dengan autoCAD seringkali kita mengubah gambar yang sudah jadi karena ada perubahan desain struktur. Padahal perubahan itu haya sebagian kecil saja, tetapi dalam jumlah yang cukup banyak. Misalkan ada perubahan denah pondasi dari bentuk footplate persegi empat diubah menjadi bentuk segitiga. Kalau jumlah pondasinya cukup banyak tentu akan cukup merepotkan.
Ada trik khusus untuk mengubah bentuk footplate yang tipikal dengan cara yang cepat dengan menggunakan fasilitas block. Berikut langkah-langkahnya :

1. Sebagai contoh kita membuat denah pondasi awal menggunakan footplate segiempat dan kolom segiempat yang tipikal sebanyak 9 buah pondasi dengan jarak as vetikal maupun jarak as horisontal 3 m. Langkah awal adalah membuat satu buah pondasi kotak dengan kolom kotak, jangan lupa pondasi ini dibuat block, misal kita beri nama pondasi1.

2. Langkah membuat block (lihat Gambar 1):
Ketik block pada command lines, maka akan muncul kotak dialog seperti gambar 1.
Beri nama pondasi1, klik select object untuk memilih objek pondasi, dan klik pick point pada pusat kolom kotak untuk titik acuan objek.


3. Setelah itu pondasi tadi dikopi sebanyak 9 buah sesuai jarak as yang telah disebutkan di atas (lihat Gambar 2)

4. Dalam perkembangan perencanaan terjadi perubahan desain struktur, pondasi diubah menjadi bentuk segitiga dengan kolom bundar. Maka untuk menggantinya akan mejadi lebih mudah dan cepat hanya dengan mengganti block pondasi1, caranya sebagai berikut :

5. Buatlah gambar pondasi segitiga yang baru, kemudian jadikan gambar tersebut menjadi block (seperti langkah no.2). Ketik block pada command lines, maka akan muncul kotak dialog. Beri nama pondasi1 (sama dengan nama blok pondasi kotak), klik select object untuk memilih objek pondasi yang baru, dan klik pick point pada pusat kolom bundar pada pondasi segitiga untuk titik acuan objek. Lalu tekan OK, maka kesembilan buah pondasi kotak dengan sendirinya akan berubah menjadi pondasi yang baru.

Membuat Koleksi Gambar Aksesoris lewat Block

Dalam membuat gambar kerja autocad agar nampak lebih menarik dan jelas biasanya kita tambahkan gambar akseoris. Misalnya gambar mobil atau motor yang kita letakkan di garasi atau tempat parkir, gambar pohon atau bunga yang kita letakkan di taman, simbol-simbol pada gambar elektrikal, dan masih banyak contoh lainnya.

Gambar aksesoris ini sangat kita perlukan dalam setiap gambar, kadang juga dalam jumlah yang cukup banyak. Sehingga agar kita tidak menggambar berulang-ulang yang akan memakan waktu, maka gambar-gambar aksesoris tersebut kita pisahkan dalam file tersendiri untuk tiap-tiap gambarnya. Misalkan gambar mobil kita simpan file tersendiri, gambar motor kita simpan dalam file tersendiri, gambar pohon kita simpan dalam file tersendiri, dan seterusnya.

Untuk memanggil file tersebut tinggal kita panggil lewat perintah dengan menekan menu insert, block, maka akan muncul dialog box insert. Kemudian tinggal klik browse, cari dimana kita menyimpan file, tekan OK, maka gambar aksesoris yang kita pilih akan muncul dalam gambar kita dalam bentuk block.

Cara membuat sendiri gambar aksesoris yang skalatis.

Perlu diperhatikan dalam membuat gambar aksesoris ini agar di buat mendekati skalatis, artinya sesuai dengan ukuran yang sebenarnya. Sehingga selain menambah keindahan juga akan membantu dalam mengira-ngira dimensi ruangan di sekitarnya, misalkan kalau kita membuat gambar mobil tampak atas yang diletakkan di garasi tentu kita bisa mengira-ngira apakah sudah cukup luas atau belum.

1. Misalkan kita akan membuat gambar aksesoris motor tampak samping, langkah pertama adalah kita perlu menyiapkan file image motor tampak samping yang kita simpan dalam komputer. Kemudian kita buat file aoutocad baru.

2. Panggil lewat perintah insert raster image, file image motor yang telah kita persiapkan tadi. Maka kita sudah mempunyai gambar image motor dalam file autocad, langkah selanjutnya gambar tersebut tinggal di-trace. Setelah selesai maka gambar image dapat kita hapus dan yang tersisa tinggal gambar motor tampak samping.


3. Dalam membuat gambar motor tadi kita belum memperhatikan skala dari gambar tersebut. Untuk mengubah menjadi gambar mendekati skalatis maka tinggal di-scale dengan acuan jarak tertentu (misal jarak as roda belakang ke as roda belakang) yang dapat kita ketahui dengan mengukur benda sesungguhnya. Jika dari hasil pengukuran ataupun sekedar perkiraan jarak antar as roda adalah 1,7 m maka, tinggal kita scale sehingga jarak antar as roda di gambar menjadi 1,7 m. Berikut langkah-langkahnya:

4. Kita buat garis sebagai acuan jarak as roda sepanjang 1,7 m. Kemudian kita pindah gambar motor tadi dengan acuan as roda belakang diletakkan tepat diujung garis sebelah kiri (lihat gambar di bawah)

- ketik pada command line : scale

Command : scale, enter,

Select objects :(pilih gambar motor kecuali garis acuan tidak usah dipilih), enter,

Specify base point : (klik as roda belakang atau ujung garis sebelah kiri),enter,

Specify scale factor or [Copy/Reference] <0.1000>: r (ketik r=Reference), enter,

Specify reference length <1.0000>: (klik as roda belakang atau ujung garis sebelah kiri),

Specify reference length<1.0000>: Specify second point : (klik as roda depan), enter,

Specify new length or [Points] <60.8150>: (klik ujung garis sebelah kanan),enter,

Maka gambar sudah mendekati ukuran sesungguhnya.

5. Untuk bentuk gambar lainnya dapat digunakan acuan scale yang kira-kira mudah dilakukan pengukuran ataupun cukup perkiraan. Misal untuk gambar mobil kita gunakan acauan lebar atau panjang badan mobil, bisa juga jarak as roda belakang ke as roda depan. Misal untuk pohon kita gunakan acuan tinggi dan lebar pohon.

Cara memasukkan file gambar aksesoris ke dalam file gambar kerja.

Untuk memanggil file tersebut tinggal kita panggil lewat perintah dengan menekan menu insert, block, maka akan muncul dialog box insert. Kemudian tinggal klik browse, cari dimana kita menyimpan file, tekan OK, maka gambar aksesoris yang kita pilih akan muncul dalam gambar kita dalam bentuk block.

Memperbaiki tampilan arsiran / hatch yang rusak

Ketika kita membuka-buka file autocad lama, kadangkala kita mendapati arsiran yang polanya telah rusak, padahal pada awalnya arsiran tersebut masih normal. Hal ini mungkin disebabkan karena kita membuka file tersebut dengan Autocad versi keluaran terbaru, padahal pada waktu kita membuatnya masih menggunakan Autocad versi lama. Atau bisa juga karena pengaturan skala arsiran yang berbeda.

Untuk memperbaiki arsiran tersebut agar menjadi normal seperti semula, caranya cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya :

1. Misalkan kita mempunyai gambar potongan pondasi batu kali yang terdapat arsiran batu kali dan ternyata setelah kita buka lagi mengalami kerusakan (lihat Gambar 1).

2. Untuk memperbaikinya : Panggil perintah hatch edit, bisa langsung ketik HE pada comand line atau klik hatch edit dari menu pull down : klik Modify, object, hatch lalu pilih hatch yang rusak polanya dengan cara meng-klik-nya. Maka kemudian akan muncu dialog box hatch edit (lihat Gambar di bawah ini).

3. Pada bagian kiri bawah dialog box terdapat option Hatch Origin, maka pilih option Specified Origin, klik Clik to set new origin. Maka tinggal diklik pada garis yang mengelilingi arsiran tersebut, jangan lupa hidupkan osnap. Misalkan klik pada pagian kiri bawah arsiran (lihat gambar 1). Maka setelah di enter maka gambar arsiran akan kembali seperti semula (lihat Gambar 2)

Membuat Garis Dinding secara cepat menggunakan fasilitas Multiline Style

Salah satu aplikasi Multiline Style adalah untuk membuat garis dinding pada gambar denah arsitektur. Dalam penggambaran detail maka garis dinding terdiri dari pasangan bata dan pasangan plesteran dinding, sehingga jika digambar akan terdiri dari 4 garis.

Sebenarnya membuat garis dinding menggunakan fasiltas offset sudah dapat dilakukan, tetapi agar lebih cepat dan efisien dapat menggunakan failtas multiline style, dengan satu klik garis maka akan langsung terbentuk 4 garis.

Berikut langkah-langkahnya :

1. Sebagai contoh untuk dinding dengan pasangan setengah bata maka tebal dinding sekitar 12 cm, jika ditambah plesteran kiri dan kanan maka tebal dinding termasuk plesteran adalah sekitar 15 cm.





Gambar 1. Dialog box multiline style

2. Langkah membuat multiline style dinding :

Klik Format, Mutiline Style, maka akan muncul dialog box (lihat gambar 1). Pada kondisi awal sudah setingan multiline standart yang terdiri dari 2 garis saja, untuk membuat baru klik new, misal kita beri nama dinding lalu tekan continue, maka akan muncul diaog box (lihat gambar 2).
Kemudian pada tab elements klik add 2 kali sehingga terbentuk 4 layer garis.
Kita ubah offset masing-masing layer, sesuai dengan multiline yang akan kita buat (catatan : satuan dalam meter). Berturut-turut dari layer paling atas kita ubah nilai offset : 0.075 tekan enter, ketik 0.06 tekan enter, ketik – 0.06 tekan enter, ketik – 0.075 tekan enter. Lalu tekan OK, jangan lupa pada pada multiline styles klik style dinding lalu klik set current lalu tekan OK.





Gambar 2. Dialod box setting multiline style

3. Untuk memanggil multiline yang telah dibuat tadi klik draw, multiline maka pada command lines akan muncul kalimat berikut :

Current settings: Justification = Top, Scale = 20.00, Style = STANDARD
Specify start point or [Justification/Scale/STyle] :

Ubah Justification dari Top menjadi Zero dengan cara sebagai berikut :

Specify start point or [Justification/Scale/STyle] :j
Enter justification type [Top/Zero/Bottom] : z

Specify start point or [Justification/Scale/STyle]: s
Enter mline scale <20.00>: 1
Lalu tekan enter


Panggil lagi melalui draw, multilne, maka kita tinggal klik seperti membuat garis tunggal. Kalau terlihat kecil seperti garis tunggal tinggal di zoom saja. Jika di dimensi maka lebar multiline ini adalah 0.15 m.

Mencetak gambar peta menggunakan plotter lewat model

Beberapa hari yang lalu teman saya Pak Fauzan di Kantor Pajak Bantul bertanya tentang cara mencetak file autocad mengunakan plotter (printer besar) dengan ukuran kertas A0. Kemudian Pak Fauzan mengirim file tadi lewat e-mail untuk saya pelajari. File saya terima kemudian saya buka, ternyata sebuah gambar peta yang sudah diberi as sehingga sudah terbentuk kotak-kotak dengan kode wilayah masing-masing.

Akan saya coba jelaskan mencetak file tersebut lewat model dengan ukuran A0 untuk setiap kotaknya, berikut langkah-langkahnya :

1. Buka file autocad, misal kita akan mencetak kotak pada bagian kiri atas atau pada kotak no 9 Desa Triharjo Kecamatan Pandak (lihat gambar dibawah).

2. Kemudian klik File pada menu pulldown, kemudian pilih Page Setup Manager, maka akan muncul kotak dialog box Page Setup Manager seperti gambar di bawah ini.

3. Dari kotak dialog box tersebut silahkan klik Modify…, maka akan muncul dialog box Page Setup-Model seperti gambar di bawah ini.

Yang perlu diatur pada langkah ini adalah pada bagian yang telah ditandai garis elips, dengan penjelasan sebagai berikut.

Elips 1. Pada tab Printer/plotter ganti namanya sesuai dengan plotter yang ada.

Elips 2. Paper size pilih ukuran Oversize: ISO A0.

Elips 3. Scale ubah ke 1 : 1

Elips 4. Pada Plot area, What to plot ubah ke Window, centang Center the plot, kemudian klik tab Window<, maka akan pindah ke file semula (lihat gambar dibawah). Disini kita diminta untuk memilih kotak yang kita plot, sebagai contoh kita pilih kotak 9 (jangan lupa Osnap diaktifkan) maka kita klik pada titik A (kiri atas) kemudian tarik ke titik B (kanan bawah). Lalu tekan OK, maka kita sudah mempunyai settingan untuk plotter dan ukuran kertas.

4. Kemudian klik File pada menu pulldown, kemudian pilih Plot, maka akan muncul kotak dialog box Plot. Untuk cetak warna pada tab Plot style table (pen assignments) pilih None, untuk cetak hitam putih maka tinggal ubah ke Monocrome. Untuk cek klik preview, maka langkah terakhir klik OK maka printer mulai mencetak.

5. Jika ingin mencetak kotak yang lain maka tinggal mengulangi langkah no 5, tetapi pada tab Window<; diubah sesuai dengan kotak yang diinginkan.


Selamat Mencoba…..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar